Info Terbaru
Live
wb_sunny

TERBARU

Cara Membuat Motif Hias Jumputan

Cara Membuat Motif Hias Jumputan


Motif hias jumputan adalah disebut juga motif hias celup ikat.Motif hias jumputan banyak dijumpai pada motif hias kain pelangi. Motif hias kain pelangi adalah kain yang dihiasi dengan motif hias jumputanMotif hias jumputan banyak digunakan pada benda pakai seperti selendang atau sampur, kemben, kain, dan lain-lain. Kain dengan motif hias jumputan tidak hanya terdapat di daerah Jogjakarta saja, tetapi juga banyak terdapat di daerah Palembang, Bali, Gresik.


Cara Membuat motif hias jumputan dengan cara mengikat, menjahit kain sehingga membentuk suatu motif hias. Berikut adalah cara membuat motif hias jumputan :
Siapkan bahan tipis berwarna putih. Dengan ukuran panjang 1 meter dan lebar 0,5 meter.
Tali rafia untuk mengikat. Dan gunting untuk memotong, Kelereng, batu kecil, bola pimpong, atau dadu secukupnya saja. Dan pilih salah satu. Wantex atau pewarna kain. Dan bisa juga menggunakan pewarna alami, atau pewarna yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Panci, kompor, dan air.

Langkah-langkah cara membuat motif hias jumputan
  1. Masak air sesuai dengan aturan yang ada pada zat pewarna. Setelah panas, masukan zat pewarna dan aduk hngga rata.
  2. Tutup kelereng dengan kain yang akan diberi motif, kemudian ikat yang kencang dengan tali rafia. Susun kelereng sesuai dengan keinginan kamu sehingga membentuk pola bagian motif hias jumputan yang akan dibuat.
  3. Basahi kain yang telah diberi hiasan ke dalam air dingin. Setelah itu masukan kain ke dalam air yang telah diberi zat pewarna.
  4. Aduk-aduk kain agar zat pewarna meresap kurang lebih 40 menit.Matikan kompor, diamkan kain sampai mendingin. Setelah dingin, angkat kain, kemudian cuci kain sampai air pencuci bening.Lepas ikatan kelereng dan jemur kain di tempat yang tidak terkena matahari.
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment