Info Terbaru
Live
wb_sunny

TERBARU

GURU SLOGOHIMO DIDORONG MASUK "KAMAR" SELAMA 3 HARI

GURU SLOGOHIMO DIDORONG MASUK "KAMAR" SELAMA 3 HARI


Kejadian ini terjadi pada Senin-Rabu, 27-29 April 2020. Di mana sedikitnya 53 guru masuk dalam sebuah kamar/ruang yang disiapkan oleh FKKG Kec. Slogohimo. Bahkan kegiatan dalam kamar inipun disaksikan dan diikuti oleh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Lantas apa yang dilakukan oleh ke 53 guru tersebut?

Kamar yang dimaksud bukanlah kamar yang sesungguhnya, melainkan sebuah meeting room (sebuah ruang di dunia maya yang dibuat dengan aplikasi tertentu dan dapat digunakan untuk rapat). FKKG Kec. Slogohimo sengaja menyiapkan sebuah room menggunakan aplikasi Webex yang digunakan untuk memfasilitasi peserta pelatihan dalam melakukan seminar secara online. 

Perlu diketahui bahwa FKKG Kec. Slogohimo mengadakan Pelatihan Penulisan PTK dan PTS bagi Guru SD yang diselenggarakan sejak Januari sampai akhir Maret secara tatap muka, 14 pertemuan dengan akumulasi 82 jam. Sebagai langkah akhir dalam pelatihan adalah disimenasi atau seminar yang direncanakan awal April. Namun rencana ini berubah sebab sama-sama diketahui bahwa Indonesia saat ini terkena dampak dari pandemi Covid-19. Panitiapun lantas memumtar otak, bagaimana caranya supaya rangkain kegiatan tetap terlaksana di tengah pandemi ini. Akhirnya diputuskan untuk mengadakan seminar PTK secara onlie menggunakan Webex. Awalnya sempat ragu, sebab seminar PTK secara online belum pernah dilakukan oleh dunia pendidikan khususnya di Wonogiri. Namun, berkat latihan dan dukungan dari berbagai pihak akhirnya seminar onlie selama 3 hari dapat berjalan lancar. Bahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri hadir dan secara resmi membuka seminar ini. Beliaupun banyak memberikan apreisasi dan sempat memberikan pertanyaan kepada beberapa panelis saat sesi tanya jawab dalam paparan presentasi.

Kegiatan ini sekaligus menunjukkan bahwa guru-guru di Slogohimo dan sekitarnya sudah melek teknologi. Meski secara usia relatif tidak muda lagi, namun dalam TIK tidak boleh dipandang sebelah mata. Terbukti dari seluruh kegiatan yang direncakan oleh panitia, semua dapat diselesaikan dengan memanfaatkan smart phone, laptop, serta beberapa sofware penunjang lainnya tanpa kendala. 

Selanjutnya Kamis 30 April 2020, panitia memberikan undangan kepada peserta untuk mengambil sertifikat pelatihan dan seminar. Pemberian hak kepada peserta ini tetap memberlakukan aturan protokoler yang ditentukan oleh pemerintah. Dalam kesempatan ini panitia memberikan sejumlah hadiah hadir dari sponsor utama (Bleza Komputer Jatisrono dan CV. Arga Pustaka Jatisrono). Selain itu disampaikan pula berita yang sangat membanggakan untuk peserta. Yakni dari 48 yang telah berhasil menyelesaiakan penyusunan PTK dinyatakan 44 berpredikat baik sedangkan 4 peserta dinyatakan sangat baik. Peserta yang memperoleh predikat sangat baik yaitu: 

1. Afrudik Efendi, S.Pd.I., M.Pd. SDN 3 Golo 
2. Suyadi, S. Pd. SDN 2 Ploso 
3. Suwarni, S. Pd.I SDN 2 Waru 
4. Suyati, S. Pd., M.Pd SDN 2 Tengger


Nah, untuk para sahabat yang ingin mengetahui kegiatan seminar kami dapat melihat dalam link berikut:

Pertemua I sesi pembukaan

Pertemuan I sesi presentasi

Pertemuan II

Pertemuan III

Laporan Pengembangan Diri

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment